Kebocoran GPU Intel Arc A770 Mungkin Mengkhawatirkan Beberapa Gamer – Tapi Seharusnya Tidak

Kebocoran GPU Intel Arc A770 Mungkin Mengkhawatirkan Beberapa Gamer - Tapi Seharusnya Tidak

Kartu grafis Arc kelas atas Intel, seri A7, telah terlihat di beberapa benchmark yang bocor dengan hasil yang menarik – yang kami akui perlu kami taburi secara bebas dengan peringatan biasa.

Jadi anggap ini sebagai rumor tetapi VideoCardz (terbuka di tab baru) melaporkan bahwa hasil Geekbench muncul untuk GPU Intel Arc A770 dan A750 (versi Edisi Terbatas, yaitu yang dibuat oleh Intel sendiri, sangat mirip dengan Nvidia dan kartu Edisi Pendirinya) .

Kedua kartu grafis diuji dengan Vulkan dan OpenCL pada PC dengan prosesor Intel Core i9-12900KS (chip Alder Lake tercepat). Dalam tes Vulkan, A770 berhasil mengumpulkan 73.536 poin, dengan A750 mencapai 66.609 tidak jauh di belakang.

Dengan OpenCL, A770 mencapai 99.482 dibandingkan dengan 88.828 untuk A750, jadi sekali lagi ini adalah cerita yang serupa (walaupun dengan kartu grafis A7 spesifikasi lebih rendah tertinggal sedikit lebih jauh ke belakang).

Analisis: Menempatkan hal-hal dalam perspektif

Ini adalah kebocoran yang menarik karena ini adalah hasil eksternal pertama untuk GPU A7 di luar fasilitas yang kami dengar dari Intel. Jika Anda ingat, Workforce Blue berjanji bahwa Arc A770 adalah saingan dari Nvidia RTX 3060 Ti, dan A750 bertujuan untuk mengambil RTX 3060, berdasarkan perbandingan kinerja Intel sendiri. Yang, tentu saja, seperti halnya pembandingan inside apa pun, perlu dilakukan dengan beberapa bumbu, karena metrik yang paling disukai selalu dipilih untuk alasan pemasaran yang jelas (semua orang melakukan ini, tentu saja).

Sekarang, dalam benchmark ini kita melihat bahwa A770 hampir setara dengan RTX 3060, bukan 3060 Ti – dan A750 sedikit di belakang RTX 3060 (sekitar 10% dari itu).

Tetapi sebelum kita terbawa oleh gagasan bahwa GPU Intel ini mungkin saus yang sedikit lebih lemah dari yang dijanjikan perusahaan, kita harus ingat bahwa ini hanya patokan, dan hanya petunjuk yang lebih kabur tentang bagaimana kartu grafis A7 ini mungkin masuk hal kinerja recreation dunia nyata (hanya skor Vulkan juga relevan dalam hal ini, ingatlah).

Tentu saja, skor Geekbench juga bukan cara terbaik untuk menilai recreation, bahkan di dunia benchmark sintetis, dan contoh hasil yang dibagikan di sini adalah skor AMD RX 6700 XT yang goyah (yang tentunya jauh lebih cepat untuk recreation dari RTX 3060, tetapi tidak dalam hasil ini).

Bagaimanapun, apa yang dapat kita peroleh di sini terbatas, dan kita perlu menunggu pengujian dan analisis penuh dari Arc A770 dan A750 untuk mengetahui bagaimana mereka akan benar-benar terbentuk. Kabar baiknya adalah bahwa apa yang sudah kita ketahui adalah bahwa Intel menargetkan harga dengan sangat agresif, sesuatu yang telah kita harapkan sejak awal dengan GPU Arc, dan itu akan mengguncang pasar untuk kartu grafis yang lebih terjangkau.

Nvidia RTX 4060 tidak akan datang dalam waktu dekat, jadi Workforce Inexperienced akan memiliki pembeli yang mengandalkan RTX 3060 dan 3060 Ti untuk saat ini, jadi kami berharap mereka perlu diberi harga yang lebih kompetitif saat Intel memasuki pasar.

Dengan asumsi – dan mengingat bagaimana peluncuran Arc sejauh ini, kita mungkin tidak boleh berasumsi terlalu banyak – bahwa peluncuran akan berlangsung tepat waktu dan lancar dengan jumlah stok GPU Intel A7 yang bagus. Untungnya, Edisi Terbatas hanyalah nama yang dipilih oleh Intel – seperti yang disebutkan, seperti Founders Version – dan bukan indikasi sebenarnya bahwa quantity akan dibatasi, yang berarti kita tidak akan melihat banyak GPU di rak.

Penawaran kartu grafis terbaik hari ini

Author: Bryan Brown